Site Loader
Get a Quote
Rock Street, San Francisco

MAKALAH
SINYAL DIGITAL
OLEH
ROBBY ANGGARA 1415031115
PRAKARSA PUTRA LAKSANA1415031104

JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS LAMPUNG
2018
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadiran Allah S.W.T atas rahmatnya sehingga makalah ini dapat tersusun. Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

Dan harapan kami agar pembaca dapat memahami dan mengerti apa yang kami tulis dan dapat menabah ilmu dan pengetahuan
Karna kebatasan pengetahuan dan pengalaman, kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, oleh karna itu kami menghrapkan kritik dan saran dari pembaca agarmakalah ini dapat sempurna                                                                                   Bandar lampung, 12April2018
DAFTAR ISI
Kata pengantar……………………………………………………………………………………………..

BAB I
Pendahuluan
Latar belakang………………………………………………………………………………………………

Batasan masalah……………………………………………………………………………………………

BAB II
Definisi Sinyal digital……………………………………………………………………………………

Pengertian data dan informasi…………………………………………………………………………
Pembentukan sinyal digital…………………………………………………………………………….

Pengapilkasian sinyal digital…………………………………………………………………………..

BAB III
PENUTUP

BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Pada era perkembangan teknologi komunikasi yang sangat maju,teknik modulasi sangat diperlukan untuk memudahkan pengerjaan telekomunikasi . Modulasi merupakan suatu proses dimana properti atau parameter dari suatu gelombang divariasikan secara proporsional terhadap gelombang yang lain. Parameter yang dapat diubah tergantung pada besarnya modulasi yang diberikan. Proses modulasi membutuhkan dua buah sinyal yaitu sinyal pemodulasi yangderupa dinyal informasi yang dikirim, dan sinyal carrier dimana sinyal informasi tersebut ditumpangkan. (Krauss, H.L, Raab, F.H. 1990).vhgchchcgjgcfhcfxfxdzaawrfgxfx

RUMUSAN MASALAH
Definisi sinyal digital
Pengertian data dan informasi
Pembentukan sinyal digital
Contoh Aplikasi Yang Menggunakan sinyal digitalBAB II
PEMBAHASAN
2.1.DEFINISI SINYAL DIGITAL
Sinyal Digital Merupakan Sinyal Data Dalam Bentuk Pulsa Yang Dapat Mengalamogi Sinyal Digital Hanya Memiliki Dua Keadaan, Yaitu 0 Dan 1, Sehingga Tidak Mudah Terpengaruh Oleh Derau/Noise, Tetapi Transmisi Dengan Sinyal Digitai Perubahan Yang Tiba-Tiba Dan Mempunyai Besaran 0 Dan 1.Teknol
Mampu Mengirimkan Informasi Dengan Kecepatan Cahaya Yang Dapat Membuat Informasi Dapat Dikirim Dengan Kecepatan Tinggi.L Hanya Mencapai Jarak Jangkau Pengiriman Data Yang Relatif Dekat. Sinyal Digital Juga Biasanya Disebut Juga Sinyal Diskret.

Sistem Sinyal Digital Merupakan Bentuk Sampling Dari Sytem Analog. Digital Pada Dasarnya Di Code-Kan Dalam Bentuk Biner (Atau Hexa). Besarnya Nilai Suatu System Digital Dibatasi Oleh Lebarnya / Jumlah Bit (Bandwidth). Jumlah Bit Juga Sangat Mempengaruhi Nilai Akurasi System Digital.

Teknologi Sinyal Digital Ini Juga Memiliki Kelebihan Yang Tidak Dimiliki Olehteknologi Sinyal Analog. Diantaranya Adalah Dibawah Ini :
 Penggunaan Yang Berulang – Ulang Terhadap Informasi Tidak Mempengaruhi Kualitas Dan Kuantitas Informsi Itu Sendiri.

 Informasi Dapat Dengan Mudah Diproses Dan Dimodifikasi Ke Dalam Berbagai Bentuk.

Dapat Memproses Informasi Dalam Jumlah Yang Sangat Besar Dan Mengirimnya Secara Interaktif.

Pada Saat Ini Banyak Teknologi-Teknologi Yang Memakai Teknologi Sinyal Digital. Karena Kelebihan Kelebihannya, Antara Lain:
Untuk Menyimpan Hasil Pengolahan, Sinyal Digital Lebih Mudah Dibandingkan Sinyal Analog. Untuk Menyimpan Sinyal Digital Dapat Menggunakan Media Digital Seperti Cd, Dvd, Flash Disk, Hardisk. Sedangkan Media Penyimpanan Sinyal Analog Adalah Pita Tape Magnetik.

Lebih Kebal Terhadap Noise Karena Bekerja Pada Level ‘0? Dan ‘1?.

Lebih Kebal Terhadap Perubahan Temperatur.

Lebih Mudah Pemrosesannya.

GAMBAR 2.1
2.2.PENGERTIAN DATA DAN INFORMASI
Data Merupakan Bentuk Yang Belum Dapat  Memberikan Manfaat Yang Besar Bagi Penerimanya, Sehingga Perlu Suatu Model Yang Nantinya Akan Dikelompokkan Dan Diproses Untuk Menghasilkan Informasi.

Data Adalah Nilai Yang Mendeskripsikan Dari Suatu Objek Atau Kejadian.

Data Adalah Sesuatu Yang Belum Mempunyai Arti Bagi Penerimanya Dan Masih Memerlukan Adanya Suatu Pengolahan. 
Data Merupakan Bentuk Jamak Dari Datum, Berasal Dari Bahasa Latin Yang Berarti “Sesuatu Yang Diberikan”
Data Adalah Bagian Paling Dasar/Kecil Dari Karya Manusia
Informasi Adalah Hasil Dari Pengolahan Data Dalam Bentuk Yang Lebih Berguna Dan Lebih Berarti Bagi Penerimanya Yang Menggambarkan Suatu Kejadian-Kejadian Sehingga Akan Berguna Untuk Pengambilan Keputusan.Informasi Adalah Sebagai Data Yang Sudah Diolah, Dibentuk, Atau Dimanipulasi Sesuai Dengan Keperluan Tertentu
Informasi Merupakan Hasil Pengolahan Dari Sebuah Model, Formasi, Organisasi, Ataupun Suatu Perubahan Bentuk Dari Data Yang Memiliki Nilai Tertentu, Dan Bisa Digunakan Untuk Menambah Pengetahuan Bagi Yang Menerimanya.

Informasi Adalah Data Yang Disimpan, Diproses, Atau Ditransmisikan.

Informasi Adalah Hasil Pengolahan Dari Data Yang Dapat Memberikan Gambaran Lebih Jelas Terhadap Sesuatu.

2.3.PEMBENTUKAN SINYAL DIGITAL
Mengacu Pada Pendapat Stephen Cook(cornelius Arianto, 2010), Ada Dua Faktor Penting Selama Proses Sinyal Analog Diubah Menjadi Sinyal Digital. Pertama Adalah “Sample Rate”, Atau Seberapa Sering Untuk Merekam Nilai-nilai Tegangan. Kedua, Adalah “Bit Per Sampel”, Atau Seberapa Akurat Nilai Dicatat. Item Ketiga Adalah Jumlah Saluran (Mono Atau Stereo), Tetapi Untuk Aplikasi Yang Paling ASR (Automatic Speech Recognition) Mono Sudah Cukup. Pengembang Harus Bereksperimen Dengan Nilai Yang Berbeda Untuk Menentukan Apa Yang Terbaik Dengan Algoritma Mereka
Konsep Analog to Digital Converter
Sebuah ADC (Analog to Digital Converter) berfungsi untuk mengkodekan tegangan sinyal analog waktu kontinu ke bentuk sederetan bit digital waktu diskrit sehingga sinyal tersebut dapat diolah oleh komputer. Proses konversi tersebut dapat digambarkan sebagai proses 3 langkah.

Gambar 2. Proses konversi Sinyal Analog ke Sinyal Digital
1. Sampling (pencuplikan)
Merupakan konversi suatu sinyal analog waktu-kontinu, xa(t), menjadi sinyal waktu-diskrit bernilai kontinu, x(n), yang diperoleh dengan mengambil “cuplikan” sinyal waktu kontinu pada saat waktu diskrit. Secara matematis dapat ditulis :x(n) = xa(nT)Dimana :T = interval pencuplikan (detik)n = bilangan bulat, -? < n < ?
2. Quantizing (kuantisasi)
Merupakan konversi sinyal waktu-diskrit bernilai-kontinu, x(n), menjadi sinyal waktu-diskrit bernilai-diskrit, x q (n). Nilai setiap waktu kontinu dikuantisasi atau dinilai dengan tegangan pembanding yang terdekat. Selisih antara cuplikan x(n) dan sinyal terkuantisasi xq(n) dinamakan error kuantisasi. Tegangan sinyal input pada skala penuhdibagi menjadi 2 N tingkatan. Dimana N merupakan resolusi bit ADC (jumlah kedudukan tegangan pembanding yang ada). Untuk N = 3 bit, maka daerah tegangan input pada skala penuh akan dibagi menjadi : 2 N = 2 3 = 8 tingkatan (level tegangan pembanding) .

3. Coding (pengkodean)
Setiap level tegangan pembanding diko an dekan ke dalam barisan bit biner. Untuk N = 3 bit, maka level tegangan pembanding = 8 tingkatan. Kedelapan tingkatan tersebut dikodekan sebagai bit-bit 000, 001, 010, 011, 100, 101, 110, dan 111.

2.4.PENGAPLIKASIAN MODULASI ANALOG
Televisi Digital Televisi digital atau penyiaran digital adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal video,audio,dandatakepesawattelevisi.Pengembangan televisi digital antara lain dikarenakan:* Perubahan lingkungan eksternal
BAB III
PENUTUP
3.1.KESIMPULAN
Keuntungan kedua dari system komunikasi digital adalah bahwa kita berhubungan dengan nilai-nilai, bukan dengan bentuk gelombang. Nilai-nilai bisa dimanipulasi dengan rangkaian-rangkaian logika, atau jika perlu, dengan mikroprosesor. Operasi-operasi matematika yang rumit bias secara mudah ditampilkan untuk mendapat fungsi-fungsi pemrosesan sinyal atau keamanan dalam tranmisi sinyal. Keuntungan ketiga berhubungan dengan range dinamis.

3.2.SARAN
Menurut saya sinyal digital adalah sinyal yang sangat modern, mudah dimengerti, dan tidak gampang rusak, dan banyak keuntungan yang dapat di ambil dari system ini. Sedangkan sinyal analog adalah system yang klasik dan susah untuk dimengerti dan juga ada beberapa komponen analog yang rusak maka sinyal ini tidak dapat bekerja secara normal. Jika kedua system digabungkan maka system ini memiliki kekuatan yang luar biasa, karena apa yang kita gunakan seperti Hp, Tv dan jaringan internet masih menggunakan system analog dan digital, di balik keklasikan sinyal analog terdapat hal yang modern yaitu sinyal digital.

3.3DAFTAR PUSTAKA
Plagiarism Checker

Post Author: admin

x

Hi!
I'm Victoria

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out